MEMBERI MANFAAT UNTUK HIDUP KITA

Hargai Penulis dengan memberikan komentar "M.J.S"

Senin, 03 Desember 2012

Penyakit Buerger



Penyakit Buerger adalah penyakit langka yang menyerang arteri dan vena di lengan dan kaki. Penyakit Buerger menyebabkan pembuluh darah meradang, membengkak dan tersumbat oleh gumpalan darah (trombus). Hal ini pada akhirnya merusak atau menghancurkan jaringan kulit dan dapat menyebabkan infeksi dan gangren.

Penyakit Buerger biasanya pertama kali terjadi pada daerah tangan, kaki dan akhirnya dapat mempengaruhi wilayah yang lebih luas. Penyakit ini lebih sering terjadi di negara-negara Timur Tengah dan mempengaruhi orang-orang yang lebih muda dari 40 tahun. Kondisi ini lebih umum terjadi pada wanita.

Penyebab

Belum jelas apa yang memicu penyakit Buerger. Ada kemungkinan bahwa beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk penyakit ini. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan di arteri dan vena pada lengan dan kaki.

Sel-sel yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan telah terbentuk dalam pembuluh darah pada tangan dan kaki dan menghalangi aliran darah ke bagian-bagian tubuh. Berkurangnya aliran darah menyebabkan jaringan kulit di tangan dan kaki tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup, sehingga menyebabkan rasa sakit dan kelemahan di anggota tubuh yang terkena dampaknya.

Gejala

Gejala penyakit Buerger meliputi:

1. Nyeri pada kaki, lengan atau tangan yang mungkin datang dan pergi.
2. Peradangan sepanjang vena tepat di bawah permukaan kulit
3. Jari tangan dan jari kaki berubah pucat bila terkena dingin
4. Nyeri luka terbuka pada jari-jari tangan dan jari kaki.

Pengobatan

Meskipun tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit Buerger, cara yang paling efektif untuk menghentikan perkembangan penyakit adalah dengan berhenti menggunakan semua produk tembakau. Bahkan beberapa batang rokok sehari dapat memperburuk penyakit.

Pengobatan lain meliputi:

1. Obat untuk melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah atau melarutkan bekuan darah
2. Kompresi intermiten pada lengan dan kaki untuk meningkatkan aliran darah ke ekstremitas
3. Stimulasi kabel spinal
4. Pembedahan untuk memotong saraf ke daerah yang terkena untuk mengontrol rasa sakit dan meningkatkan aliran darah, meskipun prosedur ini kontroversial
5. Obat untuk merangsang pertumbuhan pembuluh darah baru (angiogenesis terapeutik)
6. Amputasi, jika terjadi infeksi atau gangren

Sumber: MayoClinic


Tidak ada komentar:

Posting Komentar