MEMBERI MANFAAT UNTUK HIDUP KITA

Hargai Penulis dengan memberikan komentar "M.J.S"

Senin, 03 Desember 2012

Tiga Upaya Pengendalian Glukosa Darah

Diabetes merupakan gangguan kesehatan serius yang dikaitkan dengan tingkat tinggi glukosa dalam darah. Yang paling jamak adalah diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 berhubungan dengan ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efektif. Individu dengan diabetes tipe 2 masih dapat menghasilkan hormon insulin, tetapi mendapat perlawanan dari tubuh atau dalam jumlah yang kurang.

Pengendalian glukosa dalam darah menjadi kunci meningkatkan kualitas hidup pasien diabetes. Bisa dilakukan sesuai dengan tingkatan kasusnya.


1.Pencegahan primer


Ditujukan bagi orang yang belum terkena diabetes melalui perubahan gaya hidup sehat. Pencegahan ini sangatlah sulit, karena diperlukan kedisiplinan ketat dalam Menjalankan pola hidup sehat.


2. Pencegahan sekunder

Pencegahan akan terjadinya komplikasi bagi penderita diabetes, di mana pencegahan ini dilakukan dengan pengendalian kadar glukosa darah dalam tubuh melalui pola hidup sehat maupun dengan penggunaan obat.


3. Pencegahan tersier


Pencegahan ini dilakukan dalam upaya mencegah komplikasi yang sudah terjadi bagi penderita diabetes tidak memburuk. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat, penanganan medis diabetes yang progresif, serta penanganan medis terhadap komplikasi yang ditimbulkan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar